Minggu, 03 Februari 2019

RPP Instalasi Motor Listrik Kelas XI (Forward-Reverse) Problem Based Learning


Lampiran 2: RPP PROBLEM BASED LEARNING

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(MODEL PROBLEM BASED LEARNING)

Satuan Pendidikan      : SMKN 1 BANGIL
Program Keahlian       : Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Kelas/Semester            : XI / 2
Mata Pelajaran : Instalasi Motor Listrik
Materi Pokok              : Arah Putaran Motor Listrik Tiga Fasa
Alokasi waktu             : 6 x 40 Menit
Pertemuan ke              : 10-11
Tanggal Pelaksanaan   :                       2018

A.    Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.



B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3 Mendeskripsikan karakteristik komponen dan sirkit motor control non-programable logic control.
3.4 Memeriksa pemasangan komponen dan sirkit motor kontrol non non-programable logic control.

3.3.1.      Menjelaskan fungsi komponen instalasi motor listrik.
3.3.2.      Menjelaskan bagaimana motor listrik tiga fasa dapat berputar.
3.3.3.      Menjelaskan konsep arah putaran motor listrik tiga fasa.
3.3.4.      Menjelaskan konsep interlock.
4.4.1.       Menerapkan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.4.2.       Mengoperasikan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.4.3.      Menganalisis rangkaian interlock.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based and Learning (PBL) dengan strategi scientific, diharapkan siswa mampu memenuhi kompetensi pengetahuan sebagai berikut:
3.3.1.    Menjelaskan fungsi komponen instalasi motor listrik.
3.3.2.    Menjelaskan bagaimana motor listrik tiga fasa dapat berputar.
3.3.3.    Menjelaskan konsep arah putaran motor listrik tiga fasa.
3.3.4.    Menjelaskan konsep interlock.
4.4.1.    Menerapkan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.4.2.    Mengoperasikan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.4.3.    Menganalisis rangkaian interlock.

D.    Materi Pembelajaran
1.   Komponen instalasi motor listrik.
a.       Kontaktor
b.      Thermal Overload Relay
c.       Time Delay Relay
d.      Indikator Lamp
e.       Push Button
2.   Prinsip kerja motor listrik tiga fasa bekerja berdasarkan induksi medan magnet stator ke rotornya. Terlampir.
3.   Arah putaran listrik motor 3 fasa dapat ditentukan dengan urutan polaritas dari sumber tegangan yang digunakan.
4.   Konsep interlock merupakan pengaman yang digunakan untuk mencegah motor bekerja dengan dua arah putar secara bersamaan.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model                         : Problem Based Learning  (PBL)
2.      Pendekatan                : Scientific Approach
3.      Metode                       : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan

F.     Alat, Media dan Sumber Belajar
1.      Alat pembelajaran       : LCD Proyektor, laptop/PC, Papan tulis, Spidol bookmaker dan penghapus.
2.      Media pembelajaran    : Lembar Kerja Siswa (LKS), Video dan lembar penelitian
3.      Sumber pembelajaran :
Amin, M.M. 2013. BSE Instalasi Motor Listrik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Brown, M. 2005. Practical Troubleshoothing of Electrical Equipment and Kontro Circuit. Newnes Inc. New York
Electrical instalation guide, Schneider Electric 2010.
Standar international electrotechnic commision (IEC).
PUIL 2000.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 10
NO
tahapAN
kegiatan

alokasi waktu
guru
siswa
1.
a.
pendahuluan
Salam

Guru memasuki ruangan kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa dengan sopan.

Sebelum guru memasuki kelas, siswa telah berada di dalam kelas dan menyambut kedatangan guru dengan menjawab salam dari guru dengan sopan.

1 menit
b.
Doa
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Ketua kelas memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
2 menit
c.
Presensi
Guru mengecek kehadiran siswa melalui lembar absensi kelas dan meminta informasi  kepada siswa yang lain apabila ada siswa yang tidak masuk dengan tertib.
Siswa mengkonfirmasi kehadiran secara tertib dan sopan serta menjawab pertanyaan  apabila teman sekelas tidak masuk dengan jujur.
2 menit
d.
Persiapan
·       Guru menyiapkan alat, media pembelajaran dan LCD proyektor serta meminta dengan santun beberapa yang piket untuk membantu guru dan menghapus papan tulis.
·       Guru mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan buku catatan beserta alat tulis
·       Siswa membantu guru dalam menyiapkan alat untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan dimulai



·         Siswa mendengarkan arahan dari guru untuk menyiapkan buku catatan beserta alat tulis
1 menit








e.
Apersepsi dan
Motivasi
·         Guru memutarkan video satpam yang membuka dan menutup gerbang secara manual.




·         Guru mempersilahkan berpendapat mengenai bagaimana solusi untuk mempermudah satpam membuka dan menutup gerbang.


·         Guru memberikan tanggapan atas jawaban siswa.

·         Guru menyampaikan pentingnya manfaat dari mempelajari materi arah putaran motor listrik pada kehidupan sehari-hari, dengan tujuan agar siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran khususnya untuk yang ingin menjadi teknisi.
·         Siswa mengamati, memperhatikan, dan menalar ilustrasi yang disampaikan oleh guru mengenai satpam yang membuka dan menutup gerbang secara manual..
·         Perwakilan siswa maju ke depan kelas untuk mengungkapkan pendapatnya terkait video satpam yang membuka dan menutup gerbang secara manual..
·         Siswa mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru dengan cermat.
·         Siswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dengan antusias sehingga termotivasi untuk melaksanakan  kegiatan pembelajaran mengenai manfaat mempelajari materi arah putaran motor dalam kehidupan sehari-hari.
8 menit
f.
Penyampaian tujuan  dari kegiatan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran terkait kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran.
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
1 menit
1.
a.
kegiatan inti
Penyajian masalah

·         Guru memberikan sebuah permasalahan bagaimana solusi untuk memudahkan satpam yang membuka dan menutup gerbang secara manual dan meminta siswa memahami permasalahan secara individu pada tersebut.

·         Guru mempersilahkan siswa menanyakan apa yang kurang dipahami siswa.


·         Siswa mendengarkan, mengamati dan memahami permasalahan pada LKS dengan seksama yang ditampilkan pada blog secara individu pada video mesin mesin penggerak gerbang.

·         Siswa menanyakan kepada guru apa yang kurang dipahami terkait topik permasalahan.

5 menit
b.
Mengorganisir siswa untuk belajar mandiri

·         Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk belajar mandiri. Guru menjaga suasana tetap kondusif.
·         Guru menginstruksikan siswa untuk membuat rangkuman dan hipotesis untuk solusi   permasalahan.
·         Siswa mengeksplorasi pengumpulan data melalui belajar mandiri membaca materi pada modul dengan tenang dan tertib.
·         Siswa membuat rangkuman dan hipotesis yang logis.
12 menit
c.
Diskusi kelompok kecil
·         Guru membentuk kelompok secara acak, dimana masing-masing kelompok ada 4 siswa. Selain itu, guru mengkondisikan siswa untuk melakukan diskusi pada kegiatan pembelajaran berkelompok.
·         Guru menginstruksikan agar siswa aktif dalam diskusi yang diisi dengan bertukar hipotesis dari masing-masing siswa.
·         Guru menginstruksikan setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
·         Siswa mengasosiasikan data yang diperoleh dari belajar mandiri dengan diskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.





·         Siswa aktif berpendapat, memberi saran, mendengarkan dan memperhatikan penjelasan rekan diskusi dengan kondusif.
·         Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
13 menit
d.
Demonstrasi hasil diskusi kelompok

·         Guru memberikan instruksi kepada perwakilan kelompok untuk mendemonstrasikan hasil diskusinya.

·         Guru menginstruksikan kelompok lain untuk menyanggah apabila terjadi kesalahan atau perbedaan jawaban.
·         Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok dengan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya didepan forum kelas.
·         Siswa memberikan saran dan pendapatnya dengan sopan.

10 menit
e.
Menarik kesimpulan bersama

·         Guru memberikan masukan terhadap pendapat kelompok kemudian bersama-sama membuat kesimpulan untuk memantapkan pemahaman teori.
·         Siswa mendengarkan masukan dari guru dan bersama dengan guru menarik kesimpulan untuk memantapkan pemahaman teori.
5 menit
f.
Praktikum
·         Guru menginstruksikan siswa yang piket untuk meminjam peralatan praktikum.

·         Guru menginstruksikan siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.
·         Guru mengawasi siswa yang melakukan praktikum.
·         Guru melakukan pengecekan rangkaian dari siswa yang siap dioperasikan.
·         Guru menanyakan prinsip kerja rangkaian pada saat dilakukan pengoperasian rangkaian.
·         Siswa yang piket meminjam alat untuk praktikum. Siswa yang tidak piket mempersiapkan diri untuk praktikum.
·         siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.

·         Siswa melakukan praktikum dengan tertib dan sesuai K3.
·         Siswa melapor kepada guru sebelum mengoperasikan rangkaian.
·         Siswa menoperasikan rangkaian dan menjelaskan prinsip kerja dari rangkaian.
10 menit





5 menit



120 menit






15 menit
1.
a.
PENUTUP
Menarik kesimpulan keseluruhan pembelajaran

·         Guru menginstruksikan siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

·         Siswa menyampaikan kesimpulan pembelajaran didepan foeum kelas.

5 menit
b.
Refleksi

·         Guru memberitahukan hasil capaian pembelajaran pada saat diskusi hari ini dan guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik dari hasil penilaian kinerja kelompok dengan jujur, adil dan bertanggungjawab.
·         Guru mengingatkan siswa yang melakaukan pelanggaran selama proses pembelajaran agar tidak mengulangi perbuatannya.
·         Siswa mengamati penyampaian hasil capaian pembelajaran hari ini dan kelompok yang mendapat nilai terbaik menerima penghargaan yang diberikan oleh guru



·         Siswa mendengarkan nasihat guru dan berkomitmen tidak melakukan pelanggaran yang serupa.
5 menit
c.
Tindak Lanjut
·         Guru memberikan instruksi untuk siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.
·         Guru mengontrol pembelajaran sesama siswa.
·         Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya yaitu konsep interlock.




·         Siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.

·         Siswa melapor hasil pembelajaran sesama siswa kepada guru.
·         Siswa mendengarkan, mengingat arahan dan nasihat yang diberikan guru, serta mempersiapkan diri untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu konsep interlock.
5 menit
d.
Do’a dan salam
·         Guru secara santun meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum menagkhiri kegiatan pembelajaran
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dengan santun
·         Ketua kelas memimpin doa dengan tegas, dan semua siswa berdoa dengan khusyu’ dan tidak ada yang berbicara
·         Siswa menjawab salam dari guru dengan santun
2 menit

JUMLAH ALOKASI WAKTU
225 menit

Pertemuan ke 11
NO
tahapAN
kegiatan

alokasi waktu
guru
siswa
1.
a.
pendahuluan
Salam

Guru memasuki ruangan kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa dengan sopan.

Sebelum guru memasuki kelas, siswa telah berada di dalam kelas dan menyambut kedatangan guru dengan menjawab salam dari guru dengan sopan.

1 menit
b.
Doa
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Ketua kelas memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
2 menit
c.
Presensi
Guru mengecek kehadiran siswa melalui lembar absensi kelas dan meminta informasi  kepada siswa yang lain apabila ada siswa yang tidak masuk dengan tertib.
Siswa mengkonfirmasi kehadiran secara tertib dan sopan serta menjawab pertanyaan  apabila teman sekelas tidak masuk dengan jujur.
2 menit
d.
Persiapan
·       Guru menyiapkan alat, media pembelajaran dan LCD proyektor serta meminta dengan santun beberapa yang piket untuk membantu guru dan menghapus papan tulis.
·       Guru mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan buku catatan beserta alat tulis
·       Siswa membantu guru dalam menyiapkan alat untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan dimulai



·         Siswa mendengarkan arahan dari guru untuk menyiapkan buku catatan beserta alat tulis
1 menit








e.
Apersepsi dan
Motivasi
·         Guru memutarkan video palang pintu perlintasan kereta api.



·         Guru mempersilahkan berpendapat mengenai bagaimana pengaman motor dari palang pintu perlintasan kereta api.

·         Guru memberikan tanggapan atas jawaban siswa.

·         Guru menyampaikan pentingnya manfaat dari mempelajari interlock motor listrik pada kehidupan sehari-hari, dengan tujuan agar siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran khususnya untuk yang ingin menjadi teknisi.
·         Siswa mengamati, memperhatikan, dan menalar ilustrasi yang disampaikan oleh guru mengenai palang pintu perlintasan kereta api.
·         Perwakilan siswa maju ke depan kelas untuk mengungkapkan pendapatnya terkait video palang pintu perlintasan kereta api.
·         Siswa mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru dengan cermat.
·         Siswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dengan antusias sehingga termotivasi untuk melaksanakan  kegiatan pembelajaran mengenai manfaat mempelajari materi arah putaran motor dalam kehidupan sehari-hari.
8 menit
f.
Penyampaian tujuan  dari kegiatan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran terkait kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran.
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
1 menit
1.
a.
kegiatan inti
Penyajian masalah

·         Guru memberikan sebuah permasalahan berupa bagaimana agar motor mempunyai pengaman agar tidak dapat bekerja dua arah bersamaan dan meminta siswa memahami permasalahan secara individu pada video palang pintu perlintasan kereta api.
·         Guru mempersilahkan siswa menanyakan apa yang kurang dipahami siswa.


·         Siswa mengamati dan memahami permasalahan dengan seksama yang ditampilkan secara individu pada video palang pintu perlintasan kereta api. Difokuskan pada konsep interlock.


·         Siswa menanyakan kepada guru apa yang kurang dipahami terkait topik permasalahan.

5 menit
b.
Mengorganisir siswa untuk belajar mandiri

·         Guru memberikan instruksi kepada siswa untuk belajar mandiri. Guru menjaga suasana tetap kondusif.
·         Guru menginstruksikan siswa untuk membuat rangkuman dan hipotesis untuk solusi   permasalahan.
·         Siswa mengeksplorasi pengumpulan data melalui belajar mandiri membaca materi pada modul dengan tenang dan tertib.
·         Siswa membuat rangkuman dan hipotesis yang logis.
12 menit
c.
Diskusi kelompok kecil
·         Guru membentuk kelompok secara acak, dimana masing-masing kelompok ada 4 siswa. Selain itu, guru mengkondisikan siswa untuk melakukan diskusi pada kegiatan pembelajaran berkelompok.
·         Guru menginstruksikan agar siswa aktif dalam diskusi yang diisi dengan bertukar hipotesis dari masing-masing siswa.
·         Guru menginstruksikan setiap kelompok membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
·         Siswa mengasosiasikan data yang diperoleh dari belajar mandiri dengan diskusi kelompok untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.




·         Siswa aktif berpendapat, memberi saran, mendengarkan dan memperhatikan penjelasan rekan diskusi dengan kondusif.
·         Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
13 menit
d.
Demonstrasi hasil diskusi kelompok

·         Guru memberikan instruksi kepada perwakilan kelompok untuk mendemonstrasikan hasil diskusinya.

·         Guru menginstruksikan kelompok lain untuk menyanggah apabila terjadi kesalahan atau perbedaan jawaban.
·         Siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompok dengan menyampaikan hasil diskusi kelompoknya didepan forum kelas.
·         Siswa memberikan saran dan pendapatnya dengan sopan.

10 menit
e.
Menarik kesimpulan bersama

·         Guru memberikan masukan terhadap pendapat kelompok kemudian bersama-sama membuat kesimpulan untuk memantapkan pemahaman teori.
·         Siswa mendengarkan masukan dari guru dan bersama dengan guru menarik kesimpulan untuk memantapkan pemahaman teori.
5 menit
f.
Praktikum
·         Guru menginstruksikan siswa yang piket untuk meminjam peralatan praktikum.

·         Guru menginstruksikan siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.
·         Guru mengawasi siswa yang melakukan praktikum.
·         Guru melakukan pengecekan rangkaian dari siswa yang siap dioperasikan.
·         Guru menanyakan prinsip kerja rangkaian pada saat dilakukan pengoperasian rangkaian.
·         Siswa yang piket meminjam alat untuk praktikum. Siswa yang tidak piket mempersiapkan diri untuk praktikum.
·         siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.

·         Siswa melakukan praktikum dengan tertib dan sesuai K3.
·         Siswa melapor kepada guru sebelum mengoperasikan rangkaian.
·         Siswa menoperasikan rangkaian dan menjelaskan prinsip kerja dari rangkaian.
10 menit





5 menit



120 menit






15 menit
1.
a.
PENUTUP
Menarik kesimpulan keseluruhan pembelajaran

·         Guru menginstruksikan siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

·         Siswa menyampaikan kesimpulan pembelajaran didepan foeum kelas.

5 menit
b.
Refleksi

·         Guru memberitahukan hasil capaian pembelajaran pada saat diskusi hari ini dan guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik dari hasil penilaian kinerja kelompok dengan jujur, adil dan bertanggungjawab.
·         Guru mengingatkan siswa yang melakaukan pelanggaran selama proses pembelajaran agar tidak mengulangi perbuatannya.
·         Siswa mengamati penyampaian hasil capaian pembelajaran hari ini dan kelompok yang mendapat nilai terbaik menerima penghargaan yang diberikan oleh guru



·         Siswa mendengarkan nasihat guru dan berkomitmen tidak melakukan pelanggaran yang serupa.
5 menit
c.
Tindak Lanjut
·         Guru memberikan instruksi untuk siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.
·         Guru mengontrol pembelajaran sesama siswa.
·         Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya.
·         Siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.

·         Siswa melapor hasil pembelajaran sesama siswa kepada guru.
·         Siswa mendengarkan, mengingat arahan dan nasihat yang diberikan guru, serta mempersiapkan diri untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
5 menit
d.
Do’a dan salam
·         Guru secara santun meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum menagkhiri kegiatan pembelajaran
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dengan santun
·         Ketua kelas memimpin doa dengan tegas, dan semua siswa berdoa dengan khusyu’ dan tidak ada yang berbicara
·         Siswa menjawab salam dari guru dengan santun
2 menit

JUMLAH ALOKASI WAKTU
225 menit



H.    Penilaian
Teknik penilaian                                       : Tes Tertulis dan observasi
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Keaktifan siswa
a.       Visual activity
b.      Oral activity
c.       Listening activity
d.      Writing activity
e.       Motor activity
Observasi/ Pengamatan
Selama proses pembelajaran
2.
Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal posttest
Tes Tertulis
(pilihan ganda)

Diakhir proses pembelajaran
(terlampir)

Pasuruan,                  2018
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran,                                                      Guru Model,


Agus Subowo, S.Pd.                                                     Muhammad Rio Alrizal
NIP.                                                                                NIM. 140533603928

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

visitors

Muhammad Rio Alrizal

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates