Minggu, 03 Februari 2019

RPP Instalasi Motor Listrik Kelas XI (forward-reverse) Guided Discovery


Lampiran 3: RPP GUIDED DISCOVERY

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(MODEL GUIDED DISCOVERY)

Satuan Pendidikan      : SMKN 1 BANGIL                               
Program Keahlian       : Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Kelas/Semester            : X1 / 2
Mata Pelajaran : Instalasi Motor Listrik
Materi Pokok              : Arah Putaran Motor Listrik Tiga Fasa
Alokasi waktu             : 6 x 40 Menit
Pertemuan ke              : 10-11
Tanggal Pelaksanaan   :                       2018

A.    Kompetensi Inti
KI-1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI-3: Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI-4: Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.




B.     Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.3 Mendeskripsikan karakteristik komponen dan sirkit motor control non-programable logic control.
4.4 Memeriksa pemasangan komponen dan sirkit motor kontrol non non-programable logic control.

3.3.1.      Menjelaskan fungsi komponen instalasi motor listrik.
3.3.2.      Menjelaskan bagaimana motor listrik tiga fasa dapat berputar.
3.3.3.      Menjelaskan konsep arah putaran motor listrik tiga fasa.
3.3.4.      Menjelaskan konsep interlock.
4.3.1.       Menerapkan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.3.2.       Mengoperasikan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.3.3.      Menganalisis rangkaian interlock.

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah mendapatkan pembelajaran dengan model Problem Based and Learning (PBL) dengan strategi scientific, diharapkan siswa mampu memenuhi kompetensi pengetahuan sebagai berikut:
3.3.1.    Menjelaskan fungsi komponen instalasi motor listrik.
3.3.2.    Menjelaskan bagaimana motor listrik tiga fasa dapat berputar.
3.3.3.    Menjelaskan konsep arah putaran motor listrik tiga fasa.
3.3.4.    Menjelaskan konsep interlock.
4.3.1.    Menerapkan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.3.2.    Mengoperasikan rangkaian kontrol dan daya motor putar kanan dan kiri.
4.3.3.    Menganalisis rangkaian interlock.

D.    Materi Pembelajaran
1.   Komponen instalasi motor listrik.
a.       Kontaktor
b.      Thermal Overload Relay
c.       Time Delay Relay
d.      Indikator Lamp
e.       Push Button
2.   Prinsip kerja motor listrik tiga fasa bekerja berdasarkan induksi medan magnet stator ke rotornya. Terlampir.
3.   Arah putaran listrik motor 3 fasa dapat ditentukan dengan urutan polaritas dari sumber tegangan yang digunakan.
4.   Konsep interlock merupakan pengaman yang digunakan untuk mencegah motor bekerja dengan dua arah putar secara bersamaan.

E.     Metode Pembelajaran
1.      Model                         : Guided Discovery
2.      Pendekatan                : Scientific Approach
3.      Metode                       : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan

F.     Alat, Media dan Sumber Belajar
1.      Alat pembelajaran       : LCD Proyektor, laptop/PC, Papan tulis, Spidol bookmaker dan penghapus.
2.      Media pembelajaran    : Lembar Kerja Siswa (LKS), Video dan lembar penelitian
3.      Sumber pembelajaran :
Amin, M.M. 2013. BSE Instalasi Motor Listrik. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Mark Brown, ed. Practical Troubleshoothing of Electrical Equipment and Kontro Circuit. Newnes Inc. New York, 2005.
Electrical instalation guide, Schneider Electric 2010.
Standar international electrotechnic commision (IEC).
PUIL 2000.

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 10
NO
tahapAN
kegiatan

alokasi waktu
guru
siswa
1.
a.
pendahuluan
Salam

Guru memasuki ruangan kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa dengan sopan.

Sebelum guru memasuki kelas, siswa telah berada di dalam kelas dan menyambut kedatangan guru dengan menjawab salam dari guru dengan sopan.

1 menit
b.
Doa
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Ketua kelas memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
2 menit
c.
Presensi
Guru mengecek kehadiran siswa melalui lembar absensi kelas dan meminta informasi  kepada siswa yang lain apabila ada siswa yang tidak masuk dengan tertib.
Siswa mengkonfirmasi kehadiran secara tertib dan sopan serta menjawab pertanyaan  apabila teman sekelas tidak masuk dengan jujur.
2 menit
d.
Persiapan
·       Guru menyiapkan alat, media pembelajaran dan LCD proyektor serta meminta dengan santun beberapa yang piket untuk membantu guru dan menghapus papan tulis.
·       Guru mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan buku catatan beserta alat tulis
·       Siswa membantu guru dalam menyiapkan alat untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan dimulai



·         Siswa mendengarkan arahan dari guru untuk menyiapkan buku catatan beserta alat tulis
1 menit








e.
Apersepsi dan
Motivasi
·         Guru memutarkan video mesin penggerak gerbang.



·         Guru mempersilahkan berpendapat mengenai bagaimana motor dari mesin penggerak gerbang.

·         Guru memberikan tanggapan atas jawaban siswa.

·         Guru menyampaikan pentingnya manfaat dari mempelajari materi arah putaran motor listrik pada kehidupan sehari-hari, dengan tujuan agar siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran khususnya untuk yang ingin menjadi teknisi.
·         Siswa mengamati, memperhatikan, dan menalar ilustrasi yang disampaikan oleh guru mengenai mesin penggerak gerbang.
·         Perwakilan siswa maju ke depan kelas untuk mengungkapkan pendapatnya terkait video mesin penggerak gerbang.
·         Siswa mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru dengan cermat.
·         Siswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dengan antusias sehingga termotivasi untuk melaksanakan  kegiatan pembelajaran mengenai manfaat mempelajari materi arah putaran motor dalam kehidupan sehari-hari.
8 menit
f.
Penyampaian tujuan  dari kegiatan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran terkait kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran.
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
1 menit
1.
a.
kegiatan inti
Pengumpulan Data dan Pemrosesan Data (1)


·   Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran model guided discovery  dan memberi peragaan sederhana.
·   Guru menginstruksikan siswa untuk membentuk kelompok belajar yang tiap kelompok beranggotakan 3-4 siswa.
·   Guru memberikan soal pertama untuk didiskusikan siswa yaitu bagaimana motor listrik dapat berputar ?.
Guru mempersilahkan siswa menanyakan hal yang tidak dipahami dari soal.
·   Guru membimbing siswa untuk memahami modul.




·   Guru memantau dan membimbing (memfasilitasi) diskusi kelompok siswa.
·   Guru menginstruksikan agar siswa aktif berpendapat dan memberi saran pada diskusi kelompok.

·   Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan langkah-langkah pembelajaran dari guru.

·   Siswa membentuk kelompok belajar yang tiap kelompok beranggotakan 3-4 siswa dengan tenang tertib.
·   Siswa menanyakan kepada guru apa yang kurang dipahami terkait soal pertama.




·   Siswa mengeksplorasi pengumpulan data dengan membaca dan merangkum materi melalui modul yang disediakan.
·   Siswa aktif berdiskusi (berpendapat dan memberi saran) dengan tenang dan tertib. Dalam berdiskusi siswa mengasosiasi dengan mengkategorikan data dan menarik kesimpulan hasil diskusi.

3 menit





3 menit




4 menit




10 menit



10 menit
b.
Kesimpulan (1)
·   Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi soal 1.
·   Guru menginstruksikan kelompok lain untuk menyanggah, berpendapat dan memberi saran kepada kelompok yang presentasi.


·   Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan soal 1.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok soal 1.

·      Siswa lain memperhatikan presentasi dan memberikan pendapat dan saran untuk kelompok yang sedang presentasi.
·      Siswa membuat kesimpulan soal 1.
5 menit



5 menit
c.
Pengumpulan Data dan Pemrosesan Data (2)

·   Guru memberikan soal 2 untuk didiskusikan siswa yaitu bagaimana motor listrik dapat berputar ?.
·   Guru membimbing siswa untuk memahami modul.




·   Guru memantau dan membimbing (memfasilitasi) diskusi kelompok siswa.
·   Guru menginstruksikan agar siswa aktif berpendapat dan memberi saran pada diskusi kelompok.
·   Siswa menanyakan kepada guru apa yang kurang dipahami terkait soal 2.
·   Siswa mengeksplorasi pengumpulan data dengan membaca dan merangkum materi melalui modul yang disediakan.
·   Siswa aktif berdiskusi (berpendapat dan memberi saran) dengan tenang dan tertib. Dalam berdiskusi siswa mengasosiasi dengan mengkategorikan data dan menarik kesimpulan hasil diskusi.
5 menit




10 menit


10 menit






d.
Kesimpulan (2)
·   Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi soal 2.
·   Guru menginstruksikan kelompok lain untuk menyanggah, berpendapat dan memberi saran kepada kelompok yang presentasi
·   Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan soal 2.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok soal 1. Siswa lain memperhatikan presentasi dan memberikan pendapat dan saran untuk kelompok yang sedang presentasi.

·      Siswa membuat kesimpulan soal 2.
5 menit



5 menit
f.
Praktikum
·         Guru menginstruksikan siswa yang piket untuk meminjam peralatan praktikum.

·         Guru menginstruksikan siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.
·         Guru mengawasi siswa yang melakukan praktikum.
·         Guru melakukan pengecekan rangkaian dari siswa yang siap dioperasikan.
·         Guru memberikan umpan baik dengan menanyakan prinsip kerja rangkaian pada saat dilakukan pengoperasian rangkaian.
·         Siswa yang piket meminjam alat untuk praktikum. Siswa yang tidak piket mempersiapkan diri untuk praktikum.
·         siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.

·         Siswa melakukan praktikum dengan tertib dan sesuai K3.
·         Siswa melapor kepada guru sebelum mengoperasikan rangkaian.
·         Siswa mengoperasikan rangkaian dan menjawab pertanyaan dengan menjelaskan prinsip kerja dari rangkaian.
10 menit





5 menit



120 menit







1.
a.
PENUTUP
Menarik kesimpulan keseluruhan pembelajaran

·         Guru membimbing siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

·         Siswa menyampaikan kesimpulan pembelajaran didepan forum kelas.

5 menit
b.
Refleksi

·         Guru memberitahukan hasil capaian pembelajaran pada saat diskusi hari ini dan guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik dari hasil penilaian kinerja kelompok dengan jujur, adil dan bertanggungjawab.
·         Guru mengingatkan siswa yang melakaukan pelanggaran selama proses pembelajaran agar tidak mengulangi perbuatannya.
·         Siswa mengamati penyampaian hasil capaian pembelajaran hari ini dan kelompok yang mendapat nilai terbaik menerima penghargaan yang diberikan oleh guru



·         Siswa mendengarkan nasihat guru dan berkomitmen tidak melakukan pelanggaran yang serupa.
5 menit
c.
Tindak Lanjut
·         Guru memberikan instruksi untuk siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.
·         Guru mengontrol pembelajaran sesama siswa.
·         Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya yaitu konsep interlock.
·         Siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.

·         Siswa melapor hasil pembelajaran sesama siswa kepada guru.
·         Siswa mendengarkan, mengingat arahan dan nasihat yang diberikan guru, serta mempersiapkan diri untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya yaitu konsep interlock.
3 menit
d.
Do’a dan salam
·         Guru secara santun meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum menagkhiri kegiatan pembelajaran
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dengan santun
·         Ketua kelas memimpin doa dengan tegas, dan semua siswa berdoa dengan khusyu’ dan tidak ada yang berbicara
·         Siswa menjawab salam dari guru dengan santun
2 menit

JUMLAH ALOKASI WAKTU
240 menit


Pertemuan ke 11
NO
tahapAN
kegiatan

alokasi waktu
guru
siswa
1.
a.
pendahuluan
Salam

Guru memasuki ruangan kelas dengan mengucapkan salam kepada siswa dengan sopan.

Sebelum guru memasuki kelas, siswa telah berada di dalam kelas dan menyambut kedatangan guru dengan menjawab salam dari guru dengan sopan.

1 menit
b.
Doa
Guru meminta ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
Ketua kelas memimpin doa secara khusyu’ sebelum memulai kegiatan pembelajaran.
2 menit
c.
Presensi
Guru mengecek kehadiran siswa melalui lembar absensi kelas dan meminta informasi  kepada siswa yang lain apabila ada siswa yang tidak masuk dengan tertib.
Siswa mengkonfirmasi kehadiran secara tertib dan sopan serta menjawab pertanyaan  apabila teman sekelas tidak masuk dengan jujur.
2 menit
d.
Persiapan
·       Guru menyiapkan alat, media pembelajaran dan LCD proyektor serta meminta dengan santun beberapa yang piket untuk membantu guru dan menghapus papan tulis.
·       Guru mempersilahkan siswa untuk mempersiapkan buku catatan beserta alat tulis
·       Siswa membantu guru dalam menyiapkan alat untuk mempersiapkan pembelajaran yang akan dimulai



·         Siswa mendengarkan arahan dari guru untuk menyiapkan buku catatan beserta alat tulis
1 menit








e.
Apersepsi dan
Motivasi
·         Guru memutarkan video mesin pengaduk adonan roti.



·         Guru mempersilahkan berpendapat mengenai bagaimana motor dari mesin pengaduk adonan roti.

·         Guru memberikan tanggapan atas jawaban siswa.

·         Guru menyampaikan pentingnya manfaat dari mempelajari materi interlock pada kehidupan sehari-hari, dengan tujuan agar siswa termotivasi untuk mengikuti pelajaran khususnya untuk yang ingin menjadi teknisi.
·         Siswa mengamati, memperhatikan, dan menalar ilustrasi yang disampaikan oleh guru mengenai mesin pengaduk adonan roti.
·         Perwakilan siswa maju ke depan kelas untuk mengungkapkan pendapatnya terkait video mesin pengaduk adonan roti.
·         Siswa mendengarkan informasi yang diberikan oleh guru dengan cermat.
·         Siswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru dengan antusias sehingga termotivasi untuk melaksanakan  kegiatan pembelajaran mengenai manfaat mempelajari interlock dalam kehidupan sehari-hari.
8 menit
f.
Penyampaian tujuan  dari kegiatan pembelajaran
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran terkait kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dalam pembelajaran.
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran.
1 menit
1.
a.
kegiatan inti
Pengumpulan Data dan Pemrosesan Data (1)


·   Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran model guided discovery  dan memberi peragaan sederhana.
·   Guru menginstruksikan siswa untuk membentuk kelompok belajar yang tiap kelompok beranggotakan 3-4 siswa.
·   Guru memberikan soal pertama untuk didiskusikan siswa yaitu bagaimana konsep interlock pada instalasi motor listrik ?.
·   Guru membimbing siswa untuk memahami modul.




·   Guru memantau dan membimbing (memfasilitasi) diskusi kelompok siswa.
·   Guru menginstruksikan agar siswa aktif berpendapat dan memberi saran pada diskusi kelompok.

·   Siswa mendengarkan dan mengamati penjelasan langkah-langkah pembelajaran dari guru.

·   Siswa membentuk kelompok belajar yang tiap kelompok beranggotakan 3-4 siswa dengan tenang tertib.
·   Siswa menanyakan kepada guru apa yang kurang dipahami terkait soal pertama.


·   Siswa mengeksplorasi pengumpulan data dengan membaca dan merangkum materi melalui modul yang disediakan.
·   Siswa aktif berdiskusi (berpendapat dan memberi saran) dengan tenang dan tertib. Dalam berdiskusi siswa mengasosiasi dengan mengkategorikan data dan menarik kesimpulan hasil diskusi.

3 menit





3 menit




4 menit





10 menit





10 menit
b.
Kesimpulan (1)
·   Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi soal 1.
·   Guru menginstruksikan kelompok lain untuk menyanggah, berpendapat dan memberi saran kepada kelompok yang presentasi.

·   Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan soal 1.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok soal 1.

·      Siswa lain memperhatikan presentasi dan memberikan pendapat dan saran untuk kelompok yang sedang presentasi.
·      Siswa membuat kesimpulan soal 1.
5 menit



5 menit
c.
Pengumpulan Data dan Pemrosesan Data (2)

·   Guru memberikan soal 2 untuk didiskusikan siswa yaitu bagaimana merancang interlock pada instalasi motor listrik ?.
·   Guru membimbing siswa untuk memahami modul.




·   Guru memantau dan membimbing (memfasilitasi) diskusi kelompok siswa.
·   Guru menginstruksikan agar siswa aktif berpendapat dan memberi saran pada diskusi kelompok.
·   Siswa menanyakan kepada guru apa yang kurang dipahami terkait soal 2.

·   Siswa mengeksplorasi pengumpulan data dengan membaca dan merangkum materi melalui modul yang disediakan.
·   Siswa aktif berdiskusi (berpendapat dan memberi saran) dengan tenang dan tertib. Dalam berdiskusi siswa mengasosiasi dengan mengkategorikan data dan menarik kesimpulan hasil diskusi.
5 menit




10 menit



10 menit






d.
Kesimpulan (2)
·   Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi soal 2.
·   Guru menginstruksikan kelompok lain untuk menyanggah, berpendapat dan memberi saran kepada kelompok yang presentasi
·   Guru membimbing siswa dalam membuat kesimpulan soal 2.
·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok soal 1. Siswa lain memperhatikan presentasi dan memberikan pendapat dan saran untuk kelompok yang sedang presentasi.

·      Siswa membuat kesimpulan soal 2.
5 menit








5 menit
f.
Praktikum
·         Guru menginstruksikan siswa yang piket untuk meminjam peralatan praktikum.

·         Guru menginstruksikan siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.
·         Guru mengawasi siswa yang melakukan praktikum.
·         Guru melakukan pengecekan rangkaian dari siswa yang siap dioperasikan.
·         Guru memberikan umpan baik dengan menanyakan prinsip kerja rangkaian pada saat dilakukan pengoperasian rangkaian.
·         Siswa yang piket meminjam alat untuk praktikum. Siswa yang tidak piket mempersiapkan diri untuk praktikum.
·         siswa melakukan pengecekan alat dan bahan praktikum.

·         Siswa melakukan praktikum dengan tertib dan sesuai K3.
·         Siswa melapor kepada guru sebelum mengoperasikan rangkaian.
·         Siswa mengoperasikan rangkaian dan menjelaskan prinsip kerja dari rangkaian.
10 menit





5 menit



120 menit







1.
a.
PENUTUP
Menarik kesimpulan keseluruhan pembelajaran

·         Guru membimbing siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan.

·         Siswa menyampaikan kesimpulan pembelajaran didepan forum kelas.

5 menit
b.
Refleksi

·         Guru memberitahukan hasil capaian pembelajaran pada saat diskusi hari ini dan guru memberikan penghargaan pada kelompok terbaik dari hasil penilaian kinerja kelompok dengan jujur, adil dan bertanggungjawab.
·         Guru mengingatkan siswa yang melakaukan pelanggaran selama proses pembelajaran agar tidak mengulangi perbuatannya.
·         Siswa mengamati penyampaian hasil capaian pembelajaran hari ini dan kelompok yang mendapat nilai terbaik menerima penghargaan yang diberikan oleh guru



·         Siswa mendengarkan nasihat guru dan berkomitmen tidak melakukan pelanggaran yang serupa.
5 menit
c.
Tindak Lanjut
·         Guru memberikan instruksi untuk siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.
·         Guru mengontrol pembelajaran sesama siswa.
·         Guru menyampaikan materi yang akan diajarkan pada pertemuan selanjutnya.
·         Siswa yang sudah memahami materi pembelajaran membantu siswa lain yang belum paham.
·         Siswa melapor hasil pembelajaran sesama siswa kepada guru.
·         Siswa mendengarkan, mengingat arahan dan nasihat yang diberikan guru, serta mempersiapkan diri untuk pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
3 menit
d.
Do’a dan salam
·         Guru secara santun meminta kepada ketua kelas untuk memimpin doa secara khusyu’ sebelum menagkhiri kegiatan pembelajaran
·         Guru mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dengan santun
·         Ketua kelas memimpin doa dengan tegas, dan semua siswa berdoa dengan khusyu’ dan tidak ada yang berbicara
·         Siswa menjawab salam dari guru dengan santun
2 menit

JUMLAH ALOKASI WAKTU
240 menit


H.    Penilaian
Teknik penilaian                                       : Tes Tertulis dan observasi
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Keaktifan siswa
a.       Visual activity
b.      Oral activity
c.       Listening activity
d.      Writing activity
e.       Motor activity
Observasi/ Pengamatan
Selama proses pembelajaran
2.
Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal posttest
Tes Tertulis
(pilihan ganda)

Diakhir proses pembelajaran
(terlampir)

Pasuruan,                  2018
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran,                                                      Guru Model,


Agus Subowo, S.Pd.                                                     Muhammad Rio Alrizal
NIP.                                                                                NIM. 140533603928

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

visitors

Muhammad Rio Alrizal

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates